Wednesday, March 11, 2009

Kecemasan seorang Ibu



Musim lagi nggak menentu, pagi sampai siang teriiikk sekali, sampai-sampai kalau berangkat ngantor naik motor kaki rasanya celekit" kena panas matahari, sore anginnya kuenceng, mendekati malam hujan. Cuaca yang ekstrem :) Biasanya musim" begini penyakit pada berdatangan, dari mulai batuk pilek sampai penyakit yang menakutkan, yaitu Demam Berdarah. Ngeri denger cerita-cerita orang mengenai penyakit yang satu ini, penyakit ini nggak kenal usia, nggak kenal jenis kelamin, nggak kenal tingkat sosial orang, mau tinggal di apartemen elit ataupun di pinggiran, kalau waktunya kena ya kena ajah ...

Akhir bulan Januari kemarin, mama sempet ngelayat anak temen mama, yang harus "berpulang" karena terserang Demam Berdarah :( Baru kelas 2 SD, anak semata wayang, anak seorang Dokter spesialis ... huh.... nggak terkira pedihnya yang ditinggalkan. Jadi makin ngeri denger penyakit ini.

Jumat 6 Mar, mama pingin ambil cuti karena mbaknya Nathan ijin pulang kampung. Itung-itung long weekend, pingin istirahat dan bermain bersama Nathan di rumah. Tapi ndilalah udah beberapa kali, pas mama berencana cuti, lha kok Nathan malah sakit. Anak yang sadar jadwal mamanya nih :) Tetep bersyukur, karena pas sakit, ada mamanya di rumah, coba kalau ditinggal kerja, belum tentu dapat penanganan yang optimal :)

Jumat sore Nathan udah mulai demam, sebelumnya memang udah batuk pilek. Sabtu (7/3), masih tetep demam. Agak dilema, kalau dikasih obat penurun panas, ntar begitu panasnya turun, pasti dia aktif lagi, padahal kondisinya masih lemah. Mau nggak dikasih obat penurun panas, kok kasian ngeliat dia begitu lemas. Akhirnya baru dikasih obat hari sabtu sore. Begitu obatnya bekerja, langsung deh heboh naik sepeda keliling komplek...... istirahat dong Nak !!! Sampai minggu (8/3) sore panasnya nggak turun", mulai cemas nih, akhirnya minta anter papa ke dokter untuk cek lab, karena demamnya udah 3 hari dan masih awet, sebetulnya udah terlambat yah kalau nunggu sampai 3 hari?!

Agak susah kalau ngajak Nathan ke dokter, mendekati kliniknya ajah, dia udah tanya", "Nathan mau dibawa kemana?", "Nathan mau diapain?" Nyampai parkiran klinik, walah langsung teriak-teriak nggak mau masuk. Mana masih harus antri nunggu giliran dokter. Akhirnya mama potong kompas untuk cek lab dulu, baru ntar ketemu dokternya. Cuma karena belum berpengalaman cek lab, mama manut ajah apa" yang perlu dicek.

Hasil Lab I :
Thrombosit : 140 Ribu / mm3 (normal 142-500)
Hematokrit : 32 Vol % (kalau DB nilainya makin tinggi)
Widal : Typhus dan Paratyphus Negative

Setelah ketemu dokternya dan dianalisa, besoknya (Senin, 10/3) harus cek lab lagi untuk tau kena DB atau nggak dan kalau positif DB ya harus rawat inap, hmmm mbayangin Nathan akan diambil darah lagi ajah udah pucing apalagi ditambah kalau harus rawat inap :( mana papa harus masuk kerja, ada mobil tapi nggak bisa njalanin, cuma bisa ngidupin mesinnya ..... nikmat deh :)

Sambil menunggu jadwal ambil darah lagi, mama sempet kontak dengan Tante Rahel yang anaknya, Adik Becca habis kena DB dan Tante Ika juga yang anaknya, kakak Zeeqa harus dirawat karena trombositnya turun. Bersyukur ada yang diajak sharing, sampai saking ikut cemasnya Tante Ika nyempat-nyempatin hari libur dateng ke rumah untuk nganter Angkak dan Sari Kurma yang terbukti mujarab naikin trombosit. Terima kasih ya Tante-tante yang cantik :)

Setelah tanya kliniknya, ternyata bisa menerima panggilan layanan ke rumah. Agak sedikit lega, tinggal kontak Om Rio untuk datang, bantuin sana sininya. Setelah petugas labnya dijemput dan dateng lalu memperkenalkan diri ke Nathan sebagai temennya Om Rio, canda" sama Nathan, akhirnya dipasanglah perlengkapan ambil darah itu dan Nathan mulai ketakutan ... dan mewek... lanjut teriak..... Tapi masih bisa da-da dan kasih kiss bye ke mbak yang ambil darah :) "Hasilnya satu jam lagi ya Bu", kata mbaknya. Menunggu sejam rasanya luama sekaliiii. Menghadapi anak sakit begini, membuat kita harus sadar dan selalu bersyukur bahwa hal yang paling simple, tarikan dan hembusan nafas adalah sebuah anugerah.

Hasil Lab II :
Thrombosit : 158 Ribu / mm3 (normal 142-500)
Hematokrit : 35 Vol %
Ig G Dengue : Negative
Ig M Dengue : Negative

Wiuh.... lega rasanya, Puji Tuhan Nathan nggak kena DB walau trombositnya masih harus digenjot lagi. Menyampaikan khabar gembira ini ke papa, yang begitu dengar hasil "Negative" langsung buru-buru mengakhiri pembicaraan karena masih ngurusin gangguan jaringan ..... yah gitu deh istri pekerja lapangan :) I Love You, Pa!

Kalau direnungkan, menjadi orang tua, lebih spesifik menjadi seorang Ibu, dekat sekali dengan kecemasan. Cemas apakah bayi di perut kita baik-baik ajah, cemas dengan persalinan yang harus kita lewati, cemas apakah ASI kita mencukupi kebutuhan anak kita, cemas apakah asupan gizi anak kita sudah terpenuhi dengan baik, cemas kalau anak sakit .... banget, cemas apakah sekolah yang kita pilihkan untuk anak kita sudah bagus, cemas dengan pergaulan anak kita, cemas apakah anak kita memilih jodoh yang tepat ... wakkkssss kalau yang ini mikirnya kejauhan ya :) walaupun cemas nggak bisa merubah keadaan tapi itulah yang sering dirasakan seorang ibu, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya. Menenangkan diri sejenak, ambil waktu untuk berserah kepadaNya, dan biarkan Dia turun tangan untuk mengatasi kecemasan kita dan menuntun kita kepada jalan keluarnya:)

2 comments on "Kecemasan seorang Ibu"

romian on 12 March 2009 at 10:39 said...

nikmatnya sudah melewati hari2x yg melelahkan..selamat yach sudah dapat pengalaman baru yg berharga dan berhasil melewatinya setiap hari kita memang harus belajar baik itu buruk dan baik....bukannya ada kutipan seperti ini " ALLAH BISA KARENA BIASA"

btari sekartaji on 13 March 2009 at 07:59 said...

satu lagi aku membaca pengalaman seorang ibu yang hebat. entah kenapa, mata selalu berkaca2 membacanya. mdh2n pengalaman mama memperkaya batinku dan nanti ketika aku jd seorang ibu bisa menerapakan manajemen kecemasan. Nathan, kamu sdh bisa baca belum? baca ya postingan mamamu ini..