Tuesday, January 20, 2009

Memangkas kesenangan bukan kebutuhan


Sabtu kemarin pingin ngajak Nathan jalan, yang deket ajah ke KJI biar nggak capek di jalan. Ada Matahari dan Carefour, cukuplah untuk belanja dan cuci mata. Belanja kebutuhan pokok dan cuci mata liat-liat kali ajah ada barang bagus yang bisa dibeli. Waks... hari gini cuci mata? Tidak!!!! Belum cukup, berhitung sama papa berapa besar pengeluaran pasti tiap bulannya?! Atur strategi dong biar bisa nabung!!

Iya nih, beberapa waktu yll sempat berhitung sama papa, berapa sih pengeluaran pasti kita setiap bulannya. Weks.... ngeri..... untuk cicilan rumah, susu pampers, listrik, telp rumah, belanja bulanan, belanja sehari-hari, bayar keamanan dan gaji pembantu ajah hampir mendekati 8 digit, pantes kayaknya susah banget mau nabung. Itu belum itungan kalau tahun ini Nathan sekolah, uang sekolahnya? Transportnya? Buat mama papa seneng-seneng? Weleh.... weleh.....

Jadinya kemarin mama minta ijin ke papa untuk nyobain Nathan susu Sustagen Junior, karena selama ini susu Nathan Pediasure dan Procal. Kalau kata papa, yang lengkap dong nyebutnya, Procal Gold, biar ketahuan selisih harganya ..... huhhhh duasar!!! Emang kalau diliat harganya, kedua susu Nathan ini termasuk jajaran susu termahal di kelasnya. Bukan karena kita gaya membelikan susu termahal, tetapi karena riwayat Nathan alergi terhadap susu sapi, begitu dia nggak alergi lagi, Isomil (susu kedelai) ditinggalkan dan mama mulai nyoba"in beberapa susu, dan kebetulan Nathan cocok dengan Procal karena lemak yang digunakan adalah lemak nabati. Pediasure buat tambahan karena Nathan agak susah makan.

Setelah dapat ijin dari papa, mama ngambil sustagen Junior ..... lumayan separoh harga lebih dari Procal dan Pediasure, tapi kalau diliat tabel kandungan gizinya juga beda :) Sesampai di rumah pas jamnya Nathan minum susu, mama cobain. Percobaan pertama, susu tinggal dikit nggak dihabiskan. Mama tanya, "Susunya enak?" Dia jawab, "Enak" Mantab!! Atau mungkin dia nggak sadar kalau susunya diganti. Agak malem, jadwal minum, mama cobain lagi, tapi cuma diminum separoh, padahal dia lagi haus"nya. Hehe kacian anak mama. Terus kata papa, "Udahlah tunggu Nathan 3 tahun dulu baru diganti susunya, kasian dia:("

Hehe, apa coba motifasi mama ngganti susunya Nathan? Memangkas uang belanja? Berhemat? Memangkas uang belanja boleh, tapi bukan susu Nathan yang dipangkas!! Jauhkan dirimu dari mall ambasador dan mandiri jongkok itu, pasti akan memangkas pengeluaranmu :) Karena kalau udah jalan ke kedua tempat itu, dari nggak ada keinginan dan kebutuhan untuk dibeli, malah jadi bisa beli ini itu dan akhirnya mborong yang nggak perlu-perlu amat. Stop!! Untuk papa, stop beli Hotwheel diem-diem ya!! :) Mari kita bersikap bijak membelanjakan uang kita, agar makin banyak yang ditabung untuk kebutuhan yang lebih penting dan kebutuhan di masa yang akan datang :)

2 comments on "Memangkas kesenangan bukan kebutuhan"

Anonymous said...

iseng baca ramalan tahun ini, bunyinya..."stop gaya hidup hedonis selama ini.." Oemji...hedonis?!Daku kan hanya tak sanggup menolak barang bagus yang dikreditin...:D tapi apapun itu...memang sudah saatnya para mommy bertahan dari 'racun dunia' itu..:)

Kumpulan Kata-kata Hikmah Islami on 24 February 2009 at 16:40 said...

hehehe...memang nih,kalau diitung2 pengeluaran kok buanyak banget ya... tapi tenang saja, Tuhan selalu memberikan rejeki buat kita yg selalu berusaha dan bekerja keras.... soal susu boleh sharing dikit ya? Aysar sejak umur 1 tahun teng, minum Susu UHT Sehat ( versi bantalnya Ultra Jaya yg UHT), mostly karena susunya ddiproses dengan UHT so gak ngilangin kandungan vitamin aslinya, beda dengan susu bubuk.... aduh maaf bukan bermaksut ngiklan.... :) dari segi harga hemaaat banget.... :) dibandingkan dengan susu bubuk di pasaran yg harganya paling murah,masih murah UHT Sehat UJ ini loh.... hehheh... ayo beralih ke Susu Segar. Karena vitamin dan kandungan plus2 yg berlebihan, terkadang juga gak baik :), pediasure nya stop ye... :) anak susah makan itu biasa loh .... :) aysar juga...tapi yg penting mau susu n kita ngerayunya itu say.....kudu telaten...salam sayang buat nathan ya...dari dek Aysar....maaf kalau kurang berkenan