Thursday, February 12, 2009

Hai Istri tunduklah kepada suamimu....



Beberapa minggu yang lalu di Gereja, Pelayan Firman Tuhan mencuplik satu ayat penting yang harus diperhatikan dan dicermati bagi kaum Istri. Firman Tuhan dalam Kitab Efesus 5 : 22 - 24, tertulis, " Hai Istri tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, ... dalam segala hal"

Pas itu ke gereja bareng papa, jadi papa sempet senyum" gitu deh pas ndengerin khotbah, paling nggak ada orang lain yang ngingetin sekaligus negur mama secara tidak langsung :)

Tunduk kepada suami dalam segala hal. Apakah itu gampang? Apakah itu gampang bagi mama yang keras kepala ini? Hmmm... tentu tidak :) Harus tunduk sama suami yang kadang kelakuannya mirip Nathan? Yang kalau habis bongkar-bongkar blekethekannya nggak mau merapikan lagi? Yang kalau mau bobok kadang minta dielus-elus telapak tanggannya? Berasa punya dua anak kecil di rumah. Boys will be boys lah pokoknya. Berat? Memang :) Tapi Firman Tuhan itu ya dan amin, tidak bisa ditawar, relevan untuk segala jaman dan usia. Jadi sebagai umatNya, kewajiban kita untuk tunduk perintahNya. Berarti harus tunduk juga kepada suami, apapun keberadaan suami kita.

Apakah selama ini mama sudah tunduk sama papa ya? Kalau pertanyaan itu ditanyakan ke mama, ya pastinya dijawab "ya". Tapi kalau pertanyaan itu ditanyakan ke papa? Hanya papa yang bisa merasakan :) Apa ajah yah yang pernah papa minta agar mama berubah ?

Hmmm... waktu itu papa kayaknya nggak seneng kalau mama pakai baju agak terbuka gitu deh:) Awalnya sih susah, stock baju kondangan banyak yang tanpa lengan, celana pendek juga banyak, mau dikemanain? Tapi setelah direnungkan, namanya juga seorang wanita yah, cara kita berpakaian bisa menunjukkan kepribadian kita. Apalagi ini sudah emak-emak yang udah turun mesin, body udah kayak jalan tol ajah, tikungan-tikungan mautnya udah nggak ada :) Daripada kita dilecehkan karena berpakaian buka-bukaan, apalagi di daerah yang menjadi kesenangan mata para lelaki, mending berpakaian yang terbuka sedikit ups... terbuka sedikit khan artinya tertutup ... gitu.... biar terlihat santun :) Oke, masuk akal untuk diperbaiki, modal untuk mendidik anak cewek (kalau dikasih Tuhan :))

Papa juga pernah cemberut waktu mama guyon, tertawa berlebihan, apalagi sama cowok. Kalau cemberut tandanya ya nggak suka, satu clue lagi untuk dipatuhi. Dari kecil mama ini orangnya riang, seneng guyon, ngumpul-ngumpul, ketawa-ketawa dan kebanyakan temen mama ini cowok. Sekarang khan dah married, punya suami, ya harus bisa menjaga martabat suami dengan kelakuannya. Tapi bukan berarti mama harus kehilangan temen" mama khan? Cuma ngatur sikap ajah kok .... oke Big Deal

Lain-lainnya, yah... hanya hal-hal kecil...hehehe bagi mama lho :) Untung.... untung.... papa nggak pernah ngelarang mama yang hobby nyambangi mall ambassador, bersyukur juga papa nggak pernah minta mama berbadan langsing karena papa sadar betul nyonya-nya ini jagoan makan hehehe

Pa, katanya pas jaman pacaran dulu I love you just the way you are ?!:) Tapi kok banyak yang nggak dibolehin :) Prinsip mama sih, selama anjuran (perintah) papa ke mama itu demi kebaikan dan masuk akal, sebisa mungkin mama coba turuti, walaupun awalnya beratzzzz!! Mama coba melakukannya dengan keikhlasan untuk orang yang mama cintai, dengan tidak menggerutu tapi ngedumel ... hehe nggak kok. Yang pasti mama tetap bisa menjadi diri mama sendiri :)

Papa, tapi baca kelanjutan ayatnya ya : "Hai suami, kasihilah istrimu ..." Kapan yang ini dikhotbahkan ya? :)

2 comments on "Hai Istri tunduklah kepada suamimu...."

Anonymous said...

hi mbak Lin, met ultah yach. semoga bahagia sll spt yang aku baca di blog and smg Tuhan Yesus sll beri yang terbaik bwt mbak Lina&keluarga. semoga juga harapannya utk punya momongan segera terkabul sbg kado terindah dr Tuhan. poko'e wish u all the best lah. GBU :p

Anonymous said...

lam kenal mbak lina, aku sampe ketawa2 kalo bca blognya mbk lina,sik banget bloge.,.beneran,
erna-wonosobo :)